Sunday 26 August 2012

Keluhan Untuk AXIS dan XL

sobat PIM, mau sedikit curhat nih tentang koneksi di Indonesia. Makin hari mengakses internet saja makin mahal nih. Lihat saja operator XL Axiata. Operator yang satu ini sudah menyetop layanan Internet Unlimited XL. Kini XL malah memfokuskan untuk jaringan BIS di Indonesia padahal mayoritas pengguna ponsel di Indonesia tentu bukan hanya Blackberry. Tetapi XL malah terus menjalankan program paket BIS untuk pengguna Blackberry.

Itu juga yang kini terjadi pada Operator AXIS. AXIS juga sudah menghentikan layanan paket Internet Unlimitednya. Padahal banyak sekali teman saya yang menggunakan AXIS namun sekarang merasa kecewa selain SMS yang pending dan tarifnya yang mahal. Untuk jaringan AXIS ditempat saya sudah mendapatkan HSDPA 3,6 Mbps. Lumayan cepat juga ketika diajak browsing. Namun tentu masih dengan kuota yang terbatas sehingga susah deh kalau mau browsing full unlimited. Tadinya, AXIS ini merupakan operator yang akan saya migrasi dari XL. Tetapi kok sekarang tarifnya malah mahal dan meneruskan paket BIS juga. Daripada meneruskan BIS lebih baik membangun BTS di desa kecil agar Internet lebih merakyat dan tentunya tarifnya juga harus lebih murah.

Bicara tarif juga sepertinya kita harus pintar-pintar memilih paket Internet Murah. Di forum-forum, banyak juga user yang menngeluh karena sudah tarifnya mahal, namun koneksinya sekelas keong racun. Sangat pelan sekali. Internet sepertinya memang sudah tidak merakyat bagi orang-orang kecil. Padahal kebutuhan akan mengakses informasi dunia cukup besar dan akan membuat bangsa kita semakin maju. Saya juga merasa iri dengan teman saya yang ada di DPR. Dia menceritakan kepada saya bahwa koneksi di DPR itu biasanya stabil di 1 MBps. Wow, menggiurkan sekali tetapi koneksi itu hanya dikhususkan untuk orang-orang DPR saja. Sayang sekali padahal koneksi seperti itu jika di aplikasikan di jaringan BTS, banyak sekali orang akan menggunakan layanannya.

Untuk sobat PIM semua, tenang saja karena bukan hanya XL dan AXIS yang pas untuk digunakan berinternet ria. Tentunya dengan pemilihan Paket Internet Murah yang teliti dan jangan terburu-buru sobat PIM. Biar nanti nggak menyesal jika dikibulin operator.

@ikram_vengeance

No comments:

Post a Comment